Cara Memakai Excel

Halo semua, kembali lagi diblog saya, hari ini saya kan menjelaskan bagian bagian dan memberi video tutorial cara menggunakan excel, disimak ya


Bagian bagain excel ada banyak, berikut ini bagian dan fungsinya

Quick acces toolbar








Fungsi Quick Acces Toolbar adalah untuk menempatkan tombol-tombol perintah yang sering digunakan pada microsoft sehingga menjadi lebih mudah untuk menjalankan perintah tersebut.



Ribbon





Pengertian ribbon excel adalah kumpulan tombol perintah pada microsoft excel yang dikelompokkan dalam bentuk Tab berdasarkan kategori kemiripan fungsi-fungsinya. Mulai dari Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View serta tab-tab lain yang tersembunyi.



Bagian bagian Ribbon


1. Tabs menu




Berisi kumpulan tombol yang dikelompokkan sesuai fungsinya. Secara default terdapat Tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View. Sedangkan Tab Developper disembunyikan. untuk menampilkannya kita perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu.

2. Group Menu
Didalam masing-masing Tab tombol dikelompokkan lagi dalam beberapa group. Maisng-masing group dipisahkan dengan Garis vertikal. Pada Tab Page Layout diatas terdapat Group Themes, Pade setup, Scale to fit, Sheet Options dan Arrange.

3. Command Buttons
Didalam group terdapat beberapa Command Button atau tombol perintah sesuai dengan fungsi masing-masing.

4. Dialog Box Launcher
Pada beberapa sudut Menu Group terdapat Dialog Box Launcher untuk menampilkan pengaturan lebih lanjut pada masing-masing group yang secra default pengaturan ini tidak ditampilkan.

Formula Bar











Formula bar adalah kotak persegi panjang yang berfungsi untuk menampilkan dan mengedit isi dari sebuah sel yang sedang aktif. Bagian ini difungsikan pula sebagai tempat memasukkan rumus serta untuk mengedit atau memperbaiki rumus excel yang telah dibuat.

Name Box








Pada bagian sebelah kiri formula bar di sebut dengan Name Box yang menunjukkan alamat sel atau nama dari sel atau range yang sedang aktif.

Worksheet Area












Lembar kerja pada microsoft excel yang juga disebut worksheet adalah bagian dari workbook, tempat dimana kita memasukkan data, membuat tabel, membuat chart, dan lain sebagainya.

Nah, penjelasan mengani bagian bagian excel tadi ada disini semoga membantu ya,

Dibawah ini video mengenai tutorial excel agar kalian leih paham mengenai excel

Terimakasih sudah membaca, sampai berjumpa lagi

Komentar

Posting Komentar